Jalan Kaki 12 Menit Bisa Hilangkan Rasa Galau

Kamis, 17 November 2016 - 15:20 WIB
Jalan Kaki 12 Menit...
Jalan Kaki 12 Menit Bisa Hilangkan Rasa Galau
A A A
JAKARTA - Sebuah penelitian terbaru menunjukkan, bahwa jalan kaki tak hanya baik untuk kesehatan fisik tapi juga bisa membuat suasana hati menjadi lebih baik. Khususnya mereka yang sedang galau.

Dilansir dari Reader's Digest, berjalan kaki selama 12 menit bisa mengubah suasana hati yang buruk menjadi lebih baik. Ini berkat bergerak membuat refleksi terhadap lingkungan, sehingga suasana hati menjadi lebih positif.

Psikolog dari Iowa State University, Amerika Serikat, Jeffrey Miller, PhD menjelaskan, penelitian ini melibatkan partisipan untuk berjalan kaki di sekitar kampus, sementara responden lainnya melihat foto perjalanan kampus.

Selanjutnya, peneliti meminta untuk menuliskan perasaan mereka dalam sebuah esai. Meski harus membuat esai, mereka yang berjalan kaki tetap bersemangat. Kondisi ini berbeda dengan kelompok yang hanya melihat perjalanan melalui foto.

Hal senada juga diungkapkan dalam studi terlebih dahulu yang dilakukan oleh peneliti dari University of Michigan, Amerika Serikat. Di mana berjalan kaki di alam terbuka terbukti mampu membuat suasana hati menjadi lebih baik untuk mereka yang baru saja mengalami hal tidak menyenangkan.

"Berjalan kaki merupakan aktivitas dengan risiko rendah, murah, dan bisa dilakukan hampir semua orang. Apalagi jika dilakukan di alam terbuka, manfaatnya membuat suasana hati lebih baik begitu besar," papar penulis studi, Sara Warber.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1369 seconds (0.1#10.140)